Seketsa Ramadhan


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif al Ma’arif, hlm. 264).

Semoga Allah SWT mengijabahai do’a diatas. Agar kita bisa sampai di bulan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Sebab, kita tidak pernah tahu umur kita, kapan berakhir. Juga tidak ada jaminan bahwa Ramadhan kali ini, kita bisa memasuki dan menjalankan amalannya. Karena maut, ditangan Ilahi. Sehingga dengan berdo’a yang ikhlas di penghujung bulan Sya’ban ini, semoga menjadi amalan kebajikan kita, yang dicatat sebagai amal sholih disisi Allah SWT.

Hari ini, Senin 12 April 2021, bertepatan dengan 29 Sya’ban 1442 Hijriyah, artinya ini sudah dipenghujung Sya’ban. Berdasarkan metode hisab, in syaa Allah besok sudah memasuki 1 Rmadhan 1442H. Sementara dengan metode  ru’yatul hilal menunggu hasil isbat Kemenag, nanti malam. Tetapi berdasarkan perhitungan hisab, yang menunjukkan bahwa ketinggian hilal sudah mencapai 3 derajat 37 menit 01 detik, maka In Syaa Allah, besok hampir dipastikan, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa bersama. Sebab dengan ketinggian 3 derajat lebih, potensi untuk dilakukan ru’yah. Namun bisa jadi ada hal-hal lain, di luar standar perhitungan yang ada tersebut. Wallahu a’lam.

Artinya, jika besok sudah masuk bulan ramadhan, maka malam ini masjid, mushalla, surau dan di rumah-rumah, sudah dimulai ramai melaksanakan tarawih berjama’ah. Meskipun di beberapa tempat masih belum diperbolehkan melaksanakan tarawih berjama’ah, dengan alasan pandemi covid-19 masih belum berakhir. Sementara yang boleh, juga ada beberapa model. Dari yang sholat berjama’ah seperti biasa, hingga yang menjaga jarak dan tetap menjaga protokol kesehatan. Apapun model Ibadahnya, semangat untuk menghidupkan Ramadhan hampak terus antusias. Semoga ini hingga akhir Ramadhan, bahkan nanti setelah Ramadhan.

Nah pada Ramadhan kali ini, saya mencoba menghadirkan tulisan ringan yang akan dirilis setiap hari, menjelang adzan maghrib. Saya namakan sketsa ramadhan. Semoga bisa istiqomah selama Ramadhan tahun ini. Berharap coretan-coretan tersebut, dapat menjadi teman ngabuburit, kita semua. Sebenarnya tahun lalu juga sudah diniatkan, namun hanya bisa di beberapa tulisan, dengan berbagai alasan 😊. In Syaa Allah saya berazam untuk Ramadhan kali ini, akan terus posting tulisan, meski nanti hanya sebaris atau separagraf. Selamat menikmati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.