Posted in Entrepreneurship, IT

10 Langkah Memulai Bisnis


Ternyata -dengan kesadaran penuh-, sekian lama nggak meng-update blog tercinta ini :). Bukan untuk sebuah pembelaan atau sekedar mencari kambing hitam, yang tidak tahu dimana sembunyinya. Tetapi, lagi-lagi dengan memvonis kehadiran medsos sebagai penyebabnya, adalah sebuah cara untuk melemparkan masalah, sambil menyadarkan diri, betapa teknologi dengan nyata telah men-drive kehidupan umat manusia. Dan mau tidak mau banyak yang menjadi korbannya, dan dengan lantang saya akui, bahwa sayapun menjadi “korbannya”. Meski jika mau jujur kehadian Medsos, disatu sisi mempermudah komuniskasi secara lebih cepat daninteraktif, namun disisi lain membuat malas untuk menulis. Dan ini, mempertegas temuan yang menyatakan bahwa budaya literasi bangsa ini sangat rendah, menjadi tidak terbantahkan. Dan salah satu hasilnya adalah dua tahun, blog ini merana.

Padahal banyak hal, yang sejatinya pengin sekali untuk di tulis. Namun, seringkali berhenti di draft, dan tidak berlanjut dalam tulisan. Dan sebenarnya ini bertentangan dengan sikap saya yang tertuang dalam materi yang saya sampaikan di pelatihan yang saya ampu, dan melatari ditulisnya tulisan ini. Saya katakan bahwa,”orang yang cerdas itu bukan orang yang memproduksi banyak ide atau gagasan, tetapi orang yang dapat mengeksekusi ide dan gagasan itu di saat dan waktu yang tepat”. Sehingga, saya merasa nggak enak, ketika banyak tamu yang singgah dan nongkrong di blog ini, atau mungkin sekedar mengintip blog ini, lalu hanya disuguhi camilan terakhir yang tersaji 2 (dua) tahun lalu. Sudah out of date dan bisa jadi basi.

Alhamdulillah ada aja cara untuk memaksa nulis lagi. Hari Jum’at 24 Maret 2017, pekan lalu, saya sempat mengisi pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan Kemeterian Koperasi dan UKMK bersama PP Syabab Hidayatullah, beritanya bisa di baca disini. Adapun materi yang saya sampaikan dapat di unduh disini -> 10 Langkah Memulai Bisnis. Materi ini sebenarnya sederhana. Merupakan pengalaman saya dan beberapa teman, yang membuat start-up. Dan mudah diimplementasikan. Karena ini Indonesia banget. Semoga bermanfaat !

Advertisements

Author:

Life is beautiful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s