Posted in Peradaban, Uncategorized

RESOLUSI CETAR MEMBAHANA


2013Tadi malam, sebagaimana kita lihat di berita-berita, begitu hebohnya perayaan menjelang tahun baru 2013. Sampai-sampai di jalan protocol Jakarta dari Sudirman sampai Thamrin di berlakukan Car Free Night. Bahkan di Sidney Australia sana, 7 ton kembang api di bakar, untuk menyambut pergantian tahun itu. Di sekitar rumah sayapun, tidak mau ketinggalan, meski berjarak sekitar 10 km dari Jakarta, ternyata nampak begitu hebohnya, sampai-sampai saya terjaga dari tidur nyenyak, ketika bunyi petasan bersahutan menggelegar di udara, ketika saya tengok jam dinding menunjukkan angka di 12.00. Ternyata hari dan tahun sudah berganti.

Dan kemudian di pagi hari tadi, jalanan menyandi senyap dan lengang. Mungkin masih pada tertidur kecapekan setelah semalam larut dalam hingar-bingar itu. Lantas, apa sebenarnya yang di dapat dari malam perayaan tahun baru itu? Bukankan esensi moment pergantian tahun seperti ini sebaiknya di pergunakan untuk melakukan refleksi?

RESOLUSI

Berangkat dari hal tersebut di atas, nampaknya tidak ada alsan bagi kita untuk tidak membuat hidup kita menjadi lebih hidup. Saya yakin, banyak sebagian kita yang mengininkan agar  hidupnya menjadi lebih hidup. Dan saat ini telah membuat sebuah resolusi hidup tahun 2013.  Mungkin di buat 2 bulan lalu , sebulan lalu atau detik-detik menjelang pergantian tahun. Biasanyan berisi mimpi-mimpi besar yang di buat dalam sebuah narasi besar berkenaan dengan target apa yang akan di capai ditahun 2013 dan kemudian di breakdown dalam beberapa aktivitas dan kegiatan yang mendukung pencapaian target itu. Jika ternyata masih ada yang belum membuat resolusi, rasanya tidak ada terlambat jika hari ini di canangkan resolusi itu.

Kamus besar bahasa Indonesia mengartikan resolusi adalah “putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal (nomina)”. Dalam konteks ini, saya mengambil  kesimpulan bahwa resolusi adalah sebuah pernyataan tertulis yang berisi tentang keinginan (kuat) untuk mencapai sesuatu. Jadi titik tekannya bahwa ada upaya dan keinginan kuat untuk merelasisasikannya. Dan yakinlah bahwa sebuah keinginan kuat tidak akan menjadi apa-apa, jika kemudian tidak ada ridho Allah yang menyertainya.

5 LANGKAH MENUJU CETAR MEMBAHANA

Agar resolusi yang kita buat nantinya, bisa cetar membahana, tentunya harus di susun sebaik mungkin. Bukan focus pada kata-kata indah, dan mimpi-mimpi yang tidak pernah terwujud. Akan tetapi sebuah resolusi yang baik tentunya harus memperhatikan pula bagaimana kemungkinan pencapainnya. Dan ini hanya bisa dilakukan jika reflesksi atas apa yang terjadi di tahun sebelumnya sudah di ketahui masalahnya dan kemudian di cari solusi dan jalan keluarnya. Narasi besar yang akan kita buat jangan sebuap utopia. Akan tetapi kita berprinsip sebagaimana think locally act globally.  Bisa jadi yang kita lakukan adalah hal-hal yang di lihat orang sebagai sesuatu yang kecil, remeh dan nggak ngaruh. Akan tetapi jika itu kita lakukan, bisa jadi memberi dampak yang luar biasa.

Berikut ini, panduan sederhanan, hanya 5 langkah, agar resolusi kita di tahun 2013 bisa bisa cetar membahana :

  1. Niatkan bahwa apa yang dilakukan hanya untuk mencari ridho Allah semata, demikian pula caranya harus dengan cara-cara yang halal, dan jika berhasil tentu bersyukur kepada-Nya.
  2. Buatlah mimpi-mimpi itu secara spesifik, dan susunlah daftar (buatlah list) untuk itu. Susunlah 5 sampai 10 prioritas utama, bikinlah matrik yang dari penting dan mendesak dan seterusnya.
  3. Break down mimpi-mimpi itu dalam sebuah strategi dan langkah pencapaian sedetail mungkin. Buatlah Plan, B, C dan seterusnya, agar lebih mudah gunakan tool “mind mapping”. Dan buatlah semacam quick win, agar ada dari list yang di buat itu ada yang tercapai.
  4. Taruh di screen saver laptop atau gadgetmu. Jika memungkinkan print dan tempel di ruang kerjamu. Sehingga kamu lebih mudah untuk melihat dan mengeksekusi to do list nya.
  5. Buatlah Evaluasi periodik, dan lakukan adjustment terhadap target bila pada waktu tertentu sebagaimana yang sudah di tetapkan ternyata tidak tercapai. Dan ulangi dari langkah awal

Mungkin langkah tersebut begitu sederhana. Akan tetapi jika di implementasikan insya Allah akan melahirkan resolusi yang cetar membahana. Silakan mencoba !!

Advertisements

Author:

Life is beautiful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s