Posted in IT

Membandingkan Tiga Opensource ERP


Saat ini, banyak pilihan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis opensource, yang beredar dan dapat kita jumpai di dunia maya. Masing-masing mempunyai kelebihan satu dengan lainnya. Kelebihan di salah satu aplikasi ERP, bisa jadi sama-sama di jumpai di aplikasi lainnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan  tidak diketemukan di aplikasi lainnya tersebut.

Pendeknya, dengan semakin banyaknya pilihan itu, seringkali justru tidak memudahkan kita. Tetapi sebaliknya, sebagai user atau mungkin System Integrator malah bingung memilih yang mana. Barangkali kebingungan itu sedikit akan terurai dengan melihat tabel berikut. Dengan tuntunan dari tabel di bawah ini, minimal akan memudahkan kita untuk memilih ERP mana, yang cocok untuk di implementasikan diperusahaan kita dan juga mungkin di client kita. Modul-modul  apa saja yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh masing-masing aplikasi dan modul mana saja yang perlu dipakai dan diimplementasikan terlebih dahulu. Fitur-fitur apa saja yang cocok untuk kebutuhan kita saat ini, dst. Disini akan di bandingkan 3 (tiga) aplikasi opensource ERP yang cukup banyak digunakan yaitu : OpenERP (www.openerp.com), Open Bravo (www.openbravo.com) dan Adempiere (www.adempiere.com).

Selanjutnya, untuk mengetahui platform dan framework dari aplikasi tersebut, saya rekomendasikan untuk berselancar ke url masing-masing. Anda juga bisa melihat komparasi lainnya dengan mengunjungi url ini. Akhirnya selamat mencoba…. 🙂

Advertisements

Author:

Life is beautiful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s